Senin, 30 Agustus 2010

Standard Operation Prosedure

Standard Operation Procedure (SOP) adalah pemaparan tugas yang dibuat sedemikian rupa untuk mempermudah karyawan dalam menjalankan sistim kerja dan didasarkan pada standar yang berlaku.

SOP dibuat sedetil dan sejelas mungkin agar tidak ada tugas yang terlewatkan.

Biasanya perusahaan merahasiakan SOP yang diberlakukannya namun penulis blog ini akan memaparkannya dengan maksud dan tujuan yang bermanfaat bagi pembaca. Berikut ini Butler Bali akan menyajikan beberapa SOP yang lazim dilaksanakan dalam operasional sebuah villa.

Di bawah ini adalah beberapa Job Description yang mana bila dibahas lebih detil akan menghasilkan Standard Operating Procedure:

  • Handling Villa Inspection
  • Handling Arrival
  • Handling in-house Guest
  • Handling Guest Activities
  • Handling Departure
  • Handling Guest Complaint
  • Handling Lost and Found
  • Coordinating with Other Department
  • Courtesy Call
  • Interaction with Guest
  • Delivery Laundry
  • Delivery Afternoon Snack
  • How to Drive Guest with Buggy
  • etc.
Selanjutnya pembahasan lebih jauh akan disajikan menurut poin-poin di atas.